File Sistem Terdistribusi

Distributed File System (DFS) adalah satu set layanan klien dan server yang memungkinkan sebuah organisasi menggunakan Microsoft Windows server untuk mengatur banyak terdistribusi SMB saham file ke sistem file terdistribusi . DFS menyediakan transparansi lokasi dan redundansi untuk meningkatkan ketersediaan data dalam menghadapi kegagalan atau beban berat dengan membiarkan saham di lokasi yang berbeda ganda untuk secara logis dikelompokkan dalam satu folder, atau akar DFS.
DFS Microsoft disebut secara bergantian sebagai 'DFS' dan 'DFS' oleh Microsoft dan tidak berhubungan dengan DCE Sistem file terdistribusi , yang memegang 'DFS' merek dagang  tetapi dihentikan pada 2005.
Hal ini juga disebut "MS-DFS" atau "MSDFS" dalam konteks tertentu, misalnya dalam Samba ruang pengguna proyek.

Tidak ada persyaratan untuk menggunakan dua komponen DFS bersama-sama, sangat mungkin untuk menggunakan komponen namespace logis tanpa menggunakan replikasi DFS file, dan sangat mungkin untuk menggunakan replikasi file antara server tanpa menggabungkan mereka menjadi satu namespace.
Sebuah akar DFS hanya bisa berada pada versi server Windows (dari Windows NT 4.0 ke atas) dan OpenSolaris [2] (dalam ruang kernel ) atau komputer yang menjalankan Samba (dalam ruang pengguna .) Para Edisi Enterprise dan pusat data dari Windows Server dapat host beberapa akar DFS pada server yang sama. OpenSolaris bermaksud untuk mendukung akar beberapa DFS dalam "proyek masa depan berdasarkan pada Active Directory (AD) domain berbasis DFS ruang nama". [3]
Ada dua cara penerapan DFS pada server:
  • Standalone DFS namespace memungkinkan untuk akar DFS yang hanya ada pada komputer lokal, dan dengan demikian tidak menggunakan Active Directory . Sebuah DFS Standalone hanya bisa diakses di komputer yang dibuat. Ini tidak menawarkan toleransi kesalahan dan tidak dapat terhubung ke setiap DFS lainnya. Ini adalah pilihan hanya tersedia pada Windows NT Server 4.0 sistem. Standalone DFS akar jarang ditemui karena utilitas mereka yang terbatas.
  • Domain berbasis DFS Namespace menyimpan konfigurasi DFS dalam Active Directory, akar namespace DFS dapat diakses di \ \ domainname \ atau \ \ fq.domain.name \ . Akar namespace tidak harus berada pada domain controller, mereka dapat berada pada server anggota, jika kontroler domain tidak digunakan sebagai root server namespace, maka server anggota beberapa harus digunakan untuk memberikan toleransi kesalahan penuh.
Isi
DFS ruang nama
Saham file tradisional, terkait dengan server tunggal, memiliki jalan SMB bentuk \ \ \ \ . Domain berbasis DFS path file saham dibedakan dengan menggunakan nama domain di tempat nama server, dalam bentuk \ \ \ \ . Ketika seorang pengguna mengakses seperti saham, baik secara langsung atau dengan pemetaan drive , komputer mereka akan mengakses salah satu server yang tersedia yang berhubungan dengan saham yang, mengikuti aturan yang dapat dikonfigurasi oleh administrator jaringan. Misalnya, perilaku default adalah bahwa pengguna akan mengakses server yang dekat dengan mereka, tetapi ini dapat diganti untuk lebih memilih server tertentu.
Jika server gagal, klien dapat memilih server yang berbeda transparan kepada pengguna. Satu peringatan utama mengenai fleksibilitas ini yang saat ini terbuka file yang berpotensi akan menjadi tidak dapat digunakan, seperti membuka file tidak dapat gagal-over

replikasi DFS
Versi awal DFS digunakan FRS yang menyediakan file kemampuan replikasi dasar antara server. FRS mengidentifikasi file yang berubah atau baru, dan salinan versi terbaru dari seluruh file untuk semua server.
Windows Server 2003 R2 memperkenalkan "Replika DFS" (DFSR) yang meningkatkan pada FRS dengan hanya menyalin bagian-bagian file yang telah berubah ( kompresi diferensial terpencil ), dengan menggunakan kompresi data untuk mengurangi lalu lintas jaringan, dan dengan memungkinkan administrator pilihan konfigurasi yang fleksibel untuk membatasi jaringan lalu lintas dengan jadwal yang disesuaikan

Sejarah
Komponen server dari File System Terdistribusi pertama kali diperkenalkan sebagai add-on untuk Windows NT 4.0 Server, yang disebut "DFS 4,1", [4] dan kemudian dimasukkan sebagai komponen standar dari semua edisi Windows 2000 Server. Windows NT 4.0 dan kemudian termasuk sisi klien dukungan untuk DFS. Versi 2.6.14 dan kemudian [5] dari kernel Linux datang dengan klien SMB VFS disebut "cifs" yang mendukung DFS. Thursby Software DAVE, ADmitMac dan PKI ADmitMac produk DFS dukungan komersial pada Mac OS X. [1] DFS dilaporkan didukung secara native di Mac OS X 10.7 ("Singa"). 





sumber : http://technet.microsoft.com/en-us/library/cc753479%28v=ws.10%29.aspx
0 Responses

Posting Komentar

  • Pengikut